Pendidikan Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Pgri 12 Jakarta Selatan

Authors

  • Karyasih Karyasih Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.57096/blantika.v2i4.114

Keywords:

Pendidikan Berbasis Karakter, Hasil Belajar Matematika, kurikulum pendidikan

Abstract

Meningkatkan  mutu  pendidikan  dan  perbaikan  karakter  sumber  daya  manusia sangat  menentukan  dalam  meningkatkan  daya  saing  bangsa  yang  dapat  dilakukan  melalui inovasi  pembelajaran  yang  baik.  Penelitian bertujuan untuk  mengembangkan  pendidikan berbasis  karakter  yang  terintregrasi  dengan  metode  pembelajaran  yang  inovatif  untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pelajaran matematika di SMP PGRI 12 Jakarta Selatan. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  pendidikan  berbasis  karakter  dapat  membantu  siswa di  dalam  pembelajaran  untuk  mencapai  kompetensi  sesuai  tuntutan  kurikulum.  Pendidikan berbasis  karakter  sebagai  media  pembelajaran  dapat  meningkatkan  aktivitas  dan  hasil belajar   mata   pelajaran   matematika  dengan   mudah   dan   efisien   sehingga   terjadi   interaksi pemahaman  siswa  terhadap  belajar  matematika,  dan  sekaligus  meningkatkan  karakter  siswa. Siswa sangat tertarik belajar mata pelajaran matematika dengan pendidikan karakter yang  baik. Diharapkan guru dapat menggunakan metode pembelajarn berbasis  karakter  dengan  inovasi  untuk  meningkatkan  aktivitas  dan  hasil  belajar  mata pelajaran matematika, Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan landasan teoritis dan praktis bagi sekolah dan pendidik di SMP PGRI 12 Jakarta Selatan untuk mengintegrasikan pendidikan berbasis karakter dalam pembelajaran matematika guna meningkatkan kualitas pendidikan.

Downloads

Published

2024-02-25