Pendidikan Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Pgri 12 Jakarta Selatan
DOI:
https://doi.org/10.57096/blantika.v2i4.114Keywords:
Pendidikan Berbasis Karakter, Hasil Belajar Matematika, kurikulum pendidikanAbstract
Meningkatkan mutu pendidikan dan perbaikan karakter sumber daya manusia sangat menentukan dalam meningkatkan daya saing bangsa yang dapat dilakukan melalui inovasi pembelajaran yang baik. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan pendidikan berbasis karakter yang terintregrasi dengan metode pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pelajaran matematika di SMP PGRI 12 Jakarta Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan berbasis karakter dapat membantu siswa di dalam pembelajaran untuk mencapai kompetensi sesuai tuntutan kurikulum. Pendidikan berbasis karakter sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran matematika dengan mudah dan efisien sehingga terjadi interaksi pemahaman siswa terhadap belajar matematika, dan sekaligus meningkatkan karakter siswa. Siswa sangat tertarik belajar mata pelajaran matematika dengan pendidikan karakter yang baik. Diharapkan guru dapat menggunakan metode pembelajarn berbasis karakter dengan inovasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran matematika, Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan landasan teoritis dan praktis bagi sekolah dan pendidik di SMP PGRI 12 Jakarta Selatan untuk mengintegrasikan pendidikan berbasis karakter dalam pembelajaran matematika guna meningkatkan kualitas pendidikan.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Karyasih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


