Peningkatan Penguasaan Kosa Kata pada Descriptive Text melalui Model Problem Based Learning Kelas VII a SMPN 1 Mulia Puncak Jaya

Authors

  • Nathalia Parinding Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Indonesia
  • Arin Arianti Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Indonesia
  • Atika Hernian Asri Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57096/blantika.v2i6.163

Keywords:

kosakata, tpack, pbl, ptk, spin the wheel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosa kata siswa kelas VIIA. Partisipan penelitian terdiri dari 20 siswa yang memiliki keterbatasan dalam penguasaan kosakata. Penelitian ini menggunakan pendekatan Technology Pedagogical and  Content Knowledge ( TPaCK)  dengan model pembelajaran Problem based learning, metode penelitian tindakan kelas, dan menggunakan media spin the wheel. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, dokumentasi, presentasi dan tes tertulis. Pada setiap siklus, tindakan intervensi dilakukan berdasarkan prinsip pendekatan TPaCK. Intervensi tersebut melibatkan penggunaan gadget  dan aktivitas berbasis masalah untuk memperkenalkan dan mengkonsolidasikan kosa kata baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan TPCaK secara signifikan meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas VIIA.

Downloads

Published

2024-04-30