Peningkatan Penguasaan Kosa Kata pada Descriptive Text melalui Model Problem Based Learning Kelas VII a SMPN 1 Mulia Puncak Jaya
DOI:
https://doi.org/10.57096/blantika.v2i6.163Keywords:
kosakata, tpack, pbl, ptk, spin the wheelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosa kata siswa kelas VIIA. Partisipan penelitian terdiri dari 20 siswa yang memiliki keterbatasan dalam penguasaan kosakata. Penelitian ini menggunakan pendekatan Technology Pedagogical and Content Knowledge ( TPaCK) dengan model pembelajaran Problem based learning, metode penelitian tindakan kelas, dan menggunakan media spin the wheel. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, dokumentasi, presentasi dan tes tertulis. Pada setiap siklus, tindakan intervensi dilakukan berdasarkan prinsip pendekatan TPaCK. Intervensi tersebut melibatkan penggunaan gadget dan aktivitas berbasis masalah untuk memperkenalkan dan mengkonsolidasikan kosa kata baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan TPCaK secara signifikan meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas VIIA.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nathalia Parinding, Arin Arianti, Atika Hernian Asri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


