Analisis Sentimen Ulasan Produk Toko Online Esrocte untuk Peningkatan Pelayanan Menggunakan Algoritma Naïve Bayer

Main Article Content

Siti Nafisyah
Universitas Indonesia Membangun, Indonesia
Rini Sulistiyowati
Universitas Indonesia Membangun, Indonesia

Dalam era digital, belanja online menjadi rutin bagi masyarakat. Ulasan produk dari pelanggan sangat penting dalam membantu pembeli membuat keputusan. Analisis sentimen ulasan produk menjadi kunci untuk memahami pandangan pelanggan terhadap produk dan layanan. Penelitian ini menggunakan algoritma Naive Bayes untuk menganalisis ulasan produk dari Esrocte, sebuah platform e-commerce yang berkembang pesat. Hasilnya diharapkan memberikan pandangan bagi manajemen toko online dalam meningkatkan kualitas layanan. Metode penelitian meliputi scraping data, labeling, preprocessing, oversampling, pembagian dataset, training, dan evaluasi model menggunakan confusion matrix. Akurasi keseluruhan model yang dihasilkan adalah 80%.


Keywords: Ulasan, Analisa Sentimen, Naïve Baiyes