Pengaruh Penerapan Program Literasi terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SD Negeri 1 Perbutulan
DOI:
https://doi.org/10.57096/blantika.v2i10.215Keywords:
kemampuan membaca pemahaman, program literasi, pendidikan dasar, sdn 1 perbutulanAbstract
Kemampuan membaca pemahaman adalah aspek krusial dalam pendidikan dasar yang memengaruhi perkembangan akademik siswa. Indonesia menghadapi tantangan signifikan dalam literasi baca-tulis, terbukti dengan penurunan skor literasi membaca pada Program for International Student Assessment (PISA) tahun 2022. Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh penerapan program literasi terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III di SD Negeri 1 Perbutulan. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Pre-test dan post-test digunakan untuk menilai kemampuan membaca siswa sebelum dan sesudah penerapan program literasi. Observasi awal menunjukkan keterampilan membaca siswa masih rendah, dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 56. Faktor internal seperti motivasi dan minat baca serta faktor eksternal seperti kurangnya dukungan lingkungan dan minimnya koleksi buku turut mempengaruhi rendahnya kemampuan membaca siswa. Setelah dua minggu penerapan program literasi, yang melibatkan pembiasaan membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai, terjadi peningkatan signifikan pada kemampuan membaca siswa dengan rata-rata nilai post-test meningkat menjadi 71. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program literasi memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa, meskipun konsistensi dan dukungan dari berbagai pihak masih diperlukan untuk keberlanjutan program ini. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis dalam memperkaya pemahaman tentang pengaruh penerapan program literas program literasi serta mendukung peningkatan kualitas literasi siswa pada jenjang pendidikan dasar.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Shefira Mahardhika Nursahid, Widia Nur Jannah, Fanny Septiany Rahayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


