Analisis Fourth Wave Coffee Culture terhadap Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Pasar Specialty Coffee di Indonesia (Studi Kasus pada Perusahaan Makmur Jaya Coffee Roaster)
DOI:
https://doi.org/10.57096/blantika.v2i10.220Keywords:
manajemen strategi, SWOT, UMKMAbstract
Penelitian ini berfokus pada perancangan strategi pemasaran yang akan dilakukan oleh perusahaan Makmur Jaya Coffee Roaster. Berkembangnya gelombang budaya kopi mempengaruhi budaya konsumsi kopi masyarakat, memberikan tantangan bagi Makmur Jaya Coffee untuk merancang strategi pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan pasar spesialti kopinya. Penelitian ini berfokus untuk meningkatkan awareness terhadap produk dari Makmur Jaya Coffee yang sudah mengutamakan spesialti kopinya dengan menggunakan manajemen strategi untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat dengan menganalisis menggunakan metode Porter’s Five Force dan SWOT. Hasil penelitian memberikan gambaran perusahaan Makmur Jaya Coffee Roaster dalam merancang strategi pemasarannya untuk beradaptasi dengan gelombang budaya kopi keempat. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa gelombang budaya kopi keempat memiliki peran yang signifikan dalam mengubah pola konsumsi masyarakat terhadap kopi spesialti. Dari penelitian ini, diperoleh strategi pemasaran yang tepat dengan menyesuaikan gelombang budaya kopi keempat untuk meningkatkan pasar kopi spesialti di Kota Bandung. Saran perancangan strategi pemasaran untuk Makmur Jaya Coffee Roaster adalah dengan memanfaatkan perkembangan tekonologi dalam proses pemanggangan kopi, seleksi ketat biji kopi, dan juga meningkatkan program edukasi konsumen melalui workshop, sesi cupping, dan juga roastery tour untuk meningkatkan pemahaman konsumen tentang kopi spesialti dan juga memperkuat hubungan dengan komunitas kopi lokal, yang bertujuan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan memperluas pangsa pasar.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Timothy Beltran Antoni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.