PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN AUTENTIK UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA SMA/ MA

Main Article Content

Puspita Dian Agustin
Universitas Negeri Malang
Imam Agus Basuki
Universitas Negeri Malang
Titik Harsiati
Universitas Negeri Malang

Tujuan penelitian ini (1) menghasilkan perangkat asesmen autentik untuk pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi; dan (2) memaparkan hasil validitas, keefektifan, reliabilitas, dan keterbacaan perangkat asesmen autentik yang dihasilkan. Data dikumpulkan dengan analisis dokumen, pengamatan dengan angket, observasi, dan wawancara dengan guru dan siswa kelas X SMA/MA se-Kabupaten Jember. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menghasilkan sebuah produk perangkat asesmen autentik berupa buku yang terdiri dari enam bagian di dalamnya, antara lain: (1) petunjuk penggunaan, (2) kisi-kisi penilaian sikap, (3) kisi-kisi penilaian pengetahuan dan keterampilan, (4) RPP, (5) penjelasan kegiatan siswa, dan (6) instrumen asesmen autentik. Produk yang sudah dikembangkan diuji validitasnya oleh ahli asesmen bahasa, ahli bahasa, dan ahli pembelajaran menulis. Serta diuji keefektifan dan reliabilitasnya oleh praktisi (guru bahasa Indonesia); dan keterbacaannya oleh siswa kelas X-C MAN 2 Jember.


Keywords: Asesmen Autentik, Teks Laporan Hasil Observasi, Siswa SMA/MA