Peran Guru dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Di Kober Al-Jihad dengan Metode Kualitatif Fenomenologi
DOI:
https://doi.org/10.57096/blantika.v2i11.235Keywords:
peran guru, kemandirian, anak usia diniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan atau menguraikan: 1). Untuk mengetahui Sejauh mana Peran Guru dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Di KOBER AL-JIHAD. 2). Peran Guru sebagai pembimbing dan pelatih dalam mengembangkan kemandirian Anak Usia Dini DI KOBER AL-JIHAD. Menggunakaqn Metode Kualitatif Fenomenologi dengan Metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sesuai dengan teknis yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, dengan tahapan adalah: Mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan dari semua data yang ada. Penelitian ini menghasilkan: 1). Peran guru sangatlah penting, 2). Profil kemandirian Anak Usia Dini Di KOBER AL-JIHAD di Kelas B atau Rombel B. Pada umumnya, kemandirian anak sudah berkembang. Ini dampak dri Peran Guru sebagai Pembimbing dan pelatih, dengan cara menjalin hubungan baik dengan orang tua, memberikan motivasi/positif, reward/penegasan, melakukan pendekatan, mencontohkan berulang ulang sampai anak terbiasa.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nani Suryani, Nina Yuminar Priyanti, Lily Yuntina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


