Peran Guru dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Di Kober Al-Jihad dengan Metode Kualitatif Fenomenologi

Authors

  • Nani Suryani Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Nina Yuminar Priyanti Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Lily Yuntina Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57096/blantika.v2i11.235

Keywords:

peran guru, kemandirian, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan atau menguraikan: 1). Untuk mengetahui  Sejauh mana Peran Guru dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Di KOBER AL-JIHAD. 2). Peran Guru sebagai pembimbing dan pelatih dalam mengembangkan kemandirian Anak Usia Dini DI KOBER AL-JIHAD. Menggunakaqn  Metode Kualitatif Fenomenologi dengan Metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sesuai dengan teknis yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, dengan tahapan adalah: Mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan dari semua data yang ada. Penelitian ini menghasilkan: 1). Peran guru sangatlah penting, 2).  Profil kemandirian Anak Usia Dini Di KOBER AL-JIHAD di Kelas B atau Rombel B. Pada umumnya, kemandirian anak sudah berkembang.  Ini dampak dri Peran Guru sebagai Pembimbing dan pelatih, dengan cara menjalin hubungan baik dengan orang tua, memberikan motivasi/positif, reward/penegasan, melakukan pendekatan, mencontohkan berulang ulang sampai anak terbiasa.

Downloads

Published

2024-09-30