Pendidikan Kewirausahaan sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Kemandirian Siswa di SMPIT Al Haraki Depok
DOI:
https://doi.org/10.57096/blantika.v2i12.248Keywords:
pendidikan kewirausahaan, kreativitas, kemandirian siswaAbstract
Penelitian ini didasari oleh tantangan globalisasi dan perlunya membekali generasi muda dengan keterampilan kewirausahaan agar mampu bersaing dalam ekonomi global. Pendidikan kewirausahaan dinilai penting dalam menciptakan siswa yang tidak hanya memiliki kemampuan akademik, tetapi juga kemandirian dan kreativitas dalam berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pendidikan kewirausahaan dalam meningkatkan kreativitas dan kemandirian siswa di SMPIT Al Haraki, Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data melibatkan kepala sekolah, guru, dan siswa yang terlibat dalam program kewirausahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kewirausahaan di SMPIT Al Haraki memberikan dampak positif dalam meningkatkan kreativitas dan kemandirian siswa. Siswa menjadi lebih percaya diri, kreatif dalam mengembangkan ide-ide bisnis, serta lebih mandiri dalam pengambilan keputusan dan manajemen proyek. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendidikan kewirausahaan dapat diintegrasikan secara efektif ke dalam kurikulum untuk meningkatkan keterampilan praktis siswa, yang pada gilirannya dapat mempersiapkan mereka menghadapi tantangan dunia kerja dan menjadi individu yang mandiri serta inovatif.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Deli, Akhmad Shunhaji, Khasnah Syaidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


