Praktik Baik Menghadirkan Pengalaman Belajar yang Interaktif Melalui Integrasi TPACK dan PBL dalam Pembelajaran Informatika

Authors

  • Fitriyani Alim SMK Negeri 1 Bulango Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57096/blantika.v2i12.249

Keywords:

interaktif, TPACK, PBL, informatika

Abstract

Penelitian ini adalah kebutuhan akan pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan relevan dalam pendidikan modern, terutama di bidang Informatika. Tantangan utama yang dihadapi dalam pembelajaran tradisional adalah rendahnya motivasi dan partisipasi siswa, yang disebabkan oleh metode pengajaran yang kurang bervariasi dan minimnya penggunaan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan integrasi antara pendekatan TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) dengan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dalam upaya meningkatkan keterlibatan dan partisipasi siswa pada mata pelajaran Informatika di SMK Negeri 1 Bulango Utara, khususnya untuk kelas X jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini berfokus pada penerapan TPACK dan PBL dalam pembelajaran, serta dampaknya terhadap motivasi dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi TPACK dan PBL berhasil meningkatkan partisipasi siswa, membuat mereka lebih aktif dalam proses pembelajaran, serta lebih antusias dalam mengemukakan pendapat dan bekerja dalam tim. Siswa juga menunjukkan peningkatan dalam kemampuan berpikir kritis dan problem solving. Kesimpulannya, penerapan integrasi TPACK dan PBL terbukti efektif dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Informatika. Namun, beberapa tantangan seperti keterbatasan konteks masalah dan pemikiran tingkat tinggi masih memerlukan perhatian lebih lanjut.

Downloads

Published

2024-10-30