Simulasi Sistem Pelayanan Pemesanan Di Xyz Jimbaran Menggunakan Aplikasi Promodel
DOI:
https://doi.org/10.57096/blantika.v3i1.263Keywords:
xyz, simulasi, promodel, modelAbstract
Pertumbuhan industri yang semakin pesat mengakibatkan semakin ketat pula persaingan yang terjadi. Loyalitas konsumen merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan. Para pemilik restoran akan berusaha untuk memanjakan konsumennya agar konsumen tersebut menjadi loyal dan tidak berpindah ke merek yang lain. Xyz adalah salah satu restoran cepat saji terbesar di dunia. Salah satu keunggulan restoran cepat saji adalah kecepatan penyajian makanan yang menjadi faktor penting bagi konsumen. Xyz cabang Jimbaran memiliki permasalahan yang kerap muncul yaitu membludaknya antrian ketika proses pemesanan melalui monitor sedang berlangsung. Pemecahan masalah ini dapat dibahas menggunakan aplikasi ProModel, uji liliefors, Mean Squared Eror dan Uji Sesnsibilitas. Proses untuk memesan makanan di restoran Xyz dengan monitor adalah pelanggan masuk ke dalam Xyz kemudian pelanggan bisa melakukan pemesanan melalui kasir atau melalui monitor. Model simulasi penelitian ini telah berhasil dalam melewati Uji Verifikasi dan uji validasi yang berartikan model telah mewakili sistem nyata. Perbaikan yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang ada yaitu dengan penambahan kapasitas pada lokasi yang membuat terjadinya antrian.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wayan Ananta Widhiatmika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.