Desain Bahan Ajar Mufrodat Berbasis Kontekstual Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Aghniyarrizqi Iara Fadhilla Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Abdul Malik Karim Amrullah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Abdul Malik Karim Amrullah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Ahmad Kholil Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57096/blantika.v3i1.265

Keywords:

bahan ajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kurangnya perencanaan bahan ajar bahasa Arab di TK Mutiara Bunda, Denpasar Bali, dengan menyediakan bahan ajar yang sesuai untuk kebutuhan siswa. Tujuan penelitian meliputi: 1) mengetahui spesifikasi buku ajar, 2) penggunaan buku ajar, 3) efektivitas penggunaan buku ajar, dan 4) respon siswa terhadap buku ajar kontekstual dalam meningkatkan kosakata bahasa Arab pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Sampel diambil melalui purposive sampling, dan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara tidak terstruktur, serta pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan metode explanatory sequential mixed methods, mencakup analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa bahan ajar mencakup materi dasar seperti huruf hijaiyyah dan kosakata, yang dihubungkan dengan pengalaman sehari-hari siswa. Validitas bahan ajar mencapai 92,5% dari ahli materi. Evaluasi menggunakan pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan pemahaman kosakata yang signifikan, dengan nilai sig. 0.000 < 0.05. Rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen adalah 79,5%, menunjukkan efektivitas bahan ajar ini. Respon positif dari siswa menegaskan bahwa bahan ajar kontekstual ini tidak hanya efektif dalam meningkatkan keterampilan dasar bahasa Arab, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan.

Downloads

Published

2024-11-30