Modernisasi Pendidikan dalam Pemikiran Ivan Illich, Paulo Freire dan Erick Fromm
DOI:
https://doi.org/10.57096/blantika.v3i1.269Keywords:
pendidikan, ivan illich, paulo freire, erich frommAbstract
Ivan Illich, Paulo Freire dan Erich Fromm adalah pemikir pendidikan modern yang mendobrak praktik sistem pendidikan. Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam menghadapi perubahan sosial dan modernisasi yang terjadi dengan begitu cepat pada masa saat ini. Masyarakat modern dan tradisional sama-sama perlu penyesuaian nilai-nilai, sikap, perilaku dan mampu beradaptasi dengan cepat atas dengan perubahan yang terjadi saat ini. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah suatu bentuk pembuktian dari suatu sikap humanisme pada perkembangan pendidikan modern. Metode penulisan ini menggunakan analisis literatur dengan studi perbandingan pemikiran para tokoh pendidikan sekaligus pemikir pendidikan modern. Hasil analisis pendidikan modern ini bahwa pendidikan modern sejatinya memiliki ciri humanitas, disamping pendidikan yang selalu saja memberi tawaran inovasi dalam perkembangannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan pendidikan yang efektif dan humanis, perlu adanya reformasi dalam sistem pendidikan yang mengedepankan kebebasan, kreativitas, dan partisipasi aktif siswa, sebagaimana diajukan oleh ketiga tokoh tersebut.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elin Wijaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.