Membangun Kesadaran Lingkungan Hidup Sejak Dini Melalui Pendidikan Pengelolaan Sampah Plastik bagi Siswa Kelas 4 SD Pondok Labu 11 Pagi
DOI:
https://doi.org/10.57096/blantika.v3i2.273Keywords:
generasi muda, sampah plastik, membangun kesadaranAbstract
Sampah plastik merupakan masalah lingkungan yang mendesak, dengan peningkatan jumlah sampah setiap tahunnya dan kesulitan dalam proses degradasinya. Hal ini menyebabkan pencemaran yang berbahaya bagi ekosistem, baik di daratan maupun perairan. Pentingnya pendidikan lingkungan bagi generasi muda menjadi sangat relevan untuk mengatasi isu ini. Penelitian ini bertujuan untuk membangun kesadaran lingkungan sejak dini di kalangan siswa kelas 4 SD, dengan fokus pada pengelolaan sampah plastik dan dampaknya terhadap lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosialisasi melalui presentasi interaktif yang mencakup pengenalan jenis-jenis sampah, dampak lingkungan dari sampah plastik, serta cara pengelolaannya. Siswa juga dilibatkan dalam diskusi dan kuis untuk meningkatkan pemahaman mereka. Hasil dari sosialisasi menunjukkan bahwa siswa menunjukkan partisipasi aktif dan respon positif terhadap materi yang disampaikan. Banyak siswa mulai mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan beralih ke alternatif yang lebih ramah lingkungan. Pendidikan lingkungan yang diberikan kepada generasi muda dapat meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab mereka terhadap pengelolaan sampah plastik. Diharapkan, melalui program ini, siswa tidak hanya memahami dampak negatif dari sampah plastik tetapi juga termotivasi untuk berkontribusi dalam menjaga kebersihan lingkungan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ashley Brifina Seik, Hanin Muna Saniyyah, Khansa Khairunnisa Mumtaz, Aura Aisyah Najma Pasha, Rosianna Maretha Hasibua, Subakdi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


