Efektivitas Konseling Kelompok: Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.57096/blantika.v3i2.279Keywords:
konseling kelompok, motivasi belajar, siswaAbstract
Motivasi belajar merupakan faktor penting yang mempengaruhi pencapaian akademik siswa, khususnya pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) di mana siswa menghadapi berbagai tantangan akademis dan emosional. Konseling kelompok sebagai metode intervensi telah banyak digunakan dalam lingkungan pendidikan untuk membantu siswa meningkatkan motivasi belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas konseling kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMA. Penelitian ini akan membahas pengertian dan tujuan konseling kelompok, pentingnya motivasi belajar pada siswa SMA, serta tahapan-tahapan yang ada dalam proses konseling kelompok. Selain itu, penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas konseling kelompok, seperti Suasana dan lingkungan, Partisipasi anggota kelompok, peran dan persiapan konselor, dan dinamika kelompok. Metode yang digunakan adalah studi pustaka atau literature review, dengan mengumpulkan data sekunder dari jurnal, buku, dan penelitian sebelumnya terkait konseling kelompok. Analisis dilakukan secara deskriptif untuk mengevaluasi efektivitas konseling dalam meningkatkan motivasi belajar. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa konseling kelompok efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan cara menciptakan dukungan sosial, membangun kepercayaan diri, serta membantu siswa memahami dan mengatasi hambatan pribadi yang menghalangi proses belajar. Kesimpulan konseling kelompok terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMA. Penerapan konseling ini dapat menjadi salah satu strategi penting dalam lingkungan pendidikan untuk membantu siswa mengatasi tantangan akademik dan emosional yang mereka hadapi. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pendidik dan konselor tentang pentingnya penerapan konseling kelompok sebagai strategi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, serta menggarisbawahi perlunya lingkungan yang mendukung untuk keberhasilan intervensi ini. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pihak sekolah dan konselor mengenai pentingnya penerapan konseling kelompok sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dela Ratih Sanggar Wati, Gisa Restu Mahameru, Hapsah Roudhotul Jannah , Iin Fathonah Fatmalasari, Ulya Makhmudah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


