Analisis Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika : Tinjauan dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Matematika
DOI:
https://doi.org/10.57096/blantika.v3i2.289Keywords:
kurikulum merdeka, pembelajaran matematika, analisis literasi sistematisAbstract
Pendidikan merupakan elemen vital dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) suatu negara, yang direfleksikan melalui kurikulum sebagai pedoman pendidikan. Kurikulum Merdeka dikembangkan untuk memulihkan pembelajaran pasca-pandemi dengan fleksibilitas tinggi, fokus pada materi esensial, dan pengembangan karakter pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran matematika melalui metode Systematic Literature Review (SLR). Data dikumpulkan dari artikel-artikel dalam rentang waktu 2013–2024, menggunakan berbagai basis data seperti Google Scholar, Portal Garuda, dan Sinta. Hasil kajian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memiliki dampak positif terhadap pembelajaran matematika, terutama dalam meningkatkan pemahaman konsep, aplikasi prosedur matematika, serta kemampuan pemecahan masalah. Artikel yang dianalisis mencakup pendekatan seperti pembelajaran berbasis proyek, berpikir komputasional, dan etnomatematika, yang mendukung kreativitas siswa dan guru. Namun, cakupan tujuan matematika lainnya, seperti analisis komponen matematis dan penguatan sikap kritis, belum terakomodasi sepenuhnya karena penerapan kurikulum ini masih dalam tahap awal. Kesimpulannya, Kurikulum Merdeka memberikan inovasi signifikan dalam pendidikan matematika, meskipun implementasi penuh masih memerlukan dukungan sumber daya dan pengembangan. Implikasinya, pengambil kebijakan dan pendidik perlu memastikan penyediaan pelatihan dan fasilitas yang memadai agar tujuan kurikulum tercapai secara menyeluruh.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ibnu Hadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


