Kecerdasan Komunikasi Interpersonal dalam Peningkatan Keberhasilan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak

Authors

  • Syamsudin Institut PTIQ Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57096/blantika.v3i3.296

Keywords:

komunikasi interpersonal, keberhasilan belajar siswa, aqidah akhlak

Abstract

Komunikasi interpersonal dalam pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan keberhasilan belajar siswa, terutama dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak. Penelitian ini dilakukan di MTs Wahid Hasyim, Depok, untuk mengeksplorasi pengaruh kecerdasan komunikasi interpersonal terhadap proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan bagaimana komunikasi interpersonal dapat memengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sampel penelitian terdiri dari satu kepala madrasah, dua pendidik, dan enam siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang baik antara guru dan siswa menciptakan suasana belajar yang kondusif, meningkatkan motivasi, dan memudahkan pemahaman materi. Siswa dengan kecerdasan interpersonal yang tinggi mampu berinteraksi secara efektif dan bekerja sama dalam kelompok. Namun, beberapa siswa mengalami kesulitan dalam beradaptasi dan berinteraksi, yang dapat menghambat motivasi dan prestasi belajar. Kesimpulannya, pengembangan keterampilan komunikasi interpersonal guru sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih terbuka dan mendukung. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan komunikasi untuk guru agar dapat meningkatkan interaksi dengan siswa, yang pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajar di MTs Wahid Hasyim.

Downloads

Published

2025-01-30