Pengaruh Pelatihan dan Pengalaman Mengajar Terhadap Sikap Guru Pada Sekolah Pelaksana Pendidikan Inklusif

Authors

  • Sri Rahayu Fudji SMAN 10 Kota Ternate Provinsi Maluku Utara
  • Marwan Marwan Universitas Khairun
  • Fadhliah M. Alhadar Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.57096/blantika.v3i6.356

Keywords:

Pelatihan Guru, Pengalaman Mengajar, Sikap guru, Pendidikan Inklusif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh  pelatihan dan pengalaman mengajar terhadap sikap guru pendidikan inklusif di SMAN 10 Kota Ternate. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan korelasional. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif sedangkan populasi  yang dipakai adalah seluruh guru di SMAN 10 Kota Ternate yang berjumlah 48 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat hubungan positif dan signifikan antara pelatihan pendidikan inklusif terhadap sikap guru, terdapat hubungan positif dan siginfikan antara pengalaman mengajar terhadap sikap guru serta secara bersama – sama pelatihan dan pengalaman mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap guru pendidikan inklusif. Penelitian ini masih terbatas membahas variabel pelatihan dan sikap guru sehingga untuk penelitian selanjutnya dapat dikembangkan untuk meneliti variabel lainnya yang berkaitan dengan sikap guru yaitu: latar belakang guru, keyakinan guru, jenis kelamin, tingkat pendidikan, serta variabel sikap lainnya.

Downloads

Published

2025-06-02