Analisis Work Life Balance dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan pada PT. Bank Sahabat Sampoerna Cabang Palopo

Authors

  • Agussalim Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam-Enam Kendari, Indonesia
  • Nofal Supriaddin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam-Enam Kendari, Indonesia
  • Indira Yuana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam-Enam Kendari, Indonesia
  • Muh. Nur Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam-Enam Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57096/blantika.v3i7.378

Keywords:

Work Life Balance, Kinerja Karyawan, PT. Bank Sahabat Palopo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Work Life Balance dalam meningkatkan kinerja karyawan Pada PT. Bank Sahabat Sampoerna Cabang Palopo. Jumlah karyawan karyawan PT. Bank Sahabat Sampoerna Cabang Palopo terdiri dari 13 orang dan yang menjadi informan kunci adalah informan  I yaitu Branch Support Operational Atas nama Indriyanti (key informan). Metode analisis data yang digunakan disesuaikan dengan tujuan penelitian yaitu untuk menggambarkan dan menganalisis suatu fenomena dengan cara mendeskripsikan fokus penelitian yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Pada penelitian ini menggunakan metode analisis Deskriptif kualitatif sesuai dengan pendapat Miles dan Huberman Hasil penelitian menyatakan bahwa: Work Life Balance dapat meningkatkan kinelrja karyawan PT. Bank Sahabat Sampoerna Cabang Palopo pada aspek kualitas kerja, kuantitas kerja, Waktu Kerja, dan Kerja Sama sehingga Work Life Balance baik Keseimbangan Waktu (Time Balance), Keseimbangan Ketertarikan (Involvement Balance), Keseimbangan Kepuasan (Satisfaction Balance) karyawan pada PT. Bank Sahabat Sampoerna Cabang Palopo terimplementasi dengan baik. Karyawan sangat di berikan waktu yang cukup untuk dapat melakukan aktivitas kerja sembari waktu untuk kehidupan pribadi / keluarga dan social dengan harapan karyawan akan lebih semangat serta termotivasi untuk memberikan Kinerja terbaik, Perusahaan membuka ruang kepada karyawan untuk berpartisipasi dan terlibat dalam event atau kegiatan/projek perusahaan sehingga rasa memiliki perusahaan lebih besar, yang nantinya di harapkan karyawan akan merasa Puas berada di lingkungan perusahaan, selain itu perusahaan sangat peduli dengan kepuasan karyawan khususnya dari Segi Jenjang Carier, Financial Income, kebutuhan sarana dan prasarana kerja serta transportasi dan akomodasi yang di butuhkan untuk meningkatkan kinerja karyawan.

Downloads

Published

2025-06-30