Implementasi Program Csr Sekolah Sungai Siluk dan Dampaknya Terhadap Pemberdayaan Masyarakat Lokal: Studi Kasus pada PIN UP3 Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.57096/blantika.v3i9.396Keywords:
corporate social responsibility, pemberdayaan masyarakat, sekolah sungai siluk, csr pln, teori pemberdayaan, pembangunan berkelanjutanAbstract
Di era modern, praktik Corporate Social Responsibility (CSR) tidak hanya menjadi instrumen kepatuhan regulatif, tetapi juga sarana strategis dalam mendorong pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program CSR “Sekolah Sungai Siluk” oleh PLN UP3 Yogyakarta dan dampaknya terhadap pemberdayaan masyarakat lokal di Dusun Siluk 2, Imogiri, Bantul. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta di validasi menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan kapasitas individu dan komunitas dalam aspek sosial, ekonomi, dan pendidikan. Secara sosial, program merevitalisasi ruang publik dan mendorong interaksi komunitas; secara ekonomi, membuka peluang UMKM berbasis lingkungan dan eduwisata; dan secara pendidikan, menyediakan ruang belajar alternatif yang inklusif dan adaptif. Temuan ini dianalisis menggunakan teori pemberdayaan Marc A. Zimmerman, yang menekankan kontrol personal, kesadaran kritis, dan partisipasi dalam pengambilan keputusan. Implementasi program yang partisipatif dan berbasis lokal menunjukkan efektivitas CSR sebagai model pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Sekolah Sungai Siluk merupakan contoh praktik CSR berbasis komunitas yang berhasil memperkuat kemandirian masyarakat serta dapat direplikasi di wilayah lain dengan pendekatan serupa
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rojak Risqi Fauzi, Athaya Fairuzawa, Diah Zahra Isnania, M. Arya Husen Nova, Coirul Fajri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.