Penggunaan Kartu Kata Untuk Meningkatkan Keterampilam Membaca Pada Siswa Kelas III di SD IT AL ISHLAH Sudimampir Balongan Indramayu
##plugin.KapindoTheme.article.main##
Keterampilan membaca merupakan fondasi akademik yang krusial bagi siswa sekolah dasar. Namun, pada kenyataannya, banyak siswa yang masih mengalami kesulitan, seperti yang terjadi pada siswa kelas III SD IT Al Ishlah Sudimampir Balongan Indramayu, dimana 15 dari 21 siswa belum dapat membaca lancar dan pembelajaran yang berlangsung masih konvensional serta berpusat pada guru, menyebabkan kebosanan dan kurangnya antusiasme. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan meningkatkan keterampilan membaca melalui penggunaan media kartu kata. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain spiral model Hopkins yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas III yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes membaca, dan dokumentasi. Media kartu kata dipilih karena dapat menarik perhatian dan minat siswa dalam menguasai teknik membaca, memungkinkan siswa belajar aktif, dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Hasil kajian literatur menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kata efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa sekolah dasar, khususnya dalam membaca permulaan. Media ini memiliki kelebihan dalam menyajikan pembelajaran secara konkret, visual yang menarik, mengurangi kejenuhan belajar, dan meningkatkan daya ingat siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran membaca yang inovatif dan efektif untuk siswa sekolah dasar.