Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Baru Anak Usia Dini Melalui Permainan Dadu di Lembaga KB Cempaka 2 Kalapanunggal

Authors

  • Yen Yen Subiyanti Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Nadia Rista Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57096/blantika.v3i10.436

Keywords:

kosakata, permainan dadu, anak usia dini

Abstract

Membaca merupakan dasar pengembangan bahasa anak usia dini, namun di KB Cempaka 2 Kalapanunggal masih ditemukan anak usia 5–6 tahun yang kesulitan mengenal huruf, melafalkan, dan memahami kosakata. Salah satu penyebabnya adalah metode pembelajaran monoton yang membuat anak kurang berminat membaca. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini menggunakan media permainan dadu berisi kosakata sebagai sarana belajar yang menyenangkan. Penelitian dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil menunjukkan adanya peningkatan penguasaan kosakata anak: pra-siklus 5,6% anak mulai berkembang, siklus I meningkat menjadi 7,5%, dan siklus II mencapai 9,7% anak berkembang sesuai harapan.  Data pre-test menunjukkan bahwa dari 15 anak, hanya 1 anak (6,7%) yang mencapai kategori BSH dalam penguasaan kosakata, sedangkan 8 anak (53,3%) berada pada kategori BB dan 6 anak (40%) pada kategori MB. Setelah implementasi permainan dadu melalui dua siklus pembelajaran, terjadi peningkatan signifikan dimana 10 anak (66,7%) mencapai kategori BSH, 4 anak (26,7%) mencapai kategori BSB, dan hanya 1 anak (6,7%) yang masih berada pada kategori MB. Peningkatan ini menunjukkan efektivitas permainan dadu dalam memfasilitasi pembelajaran kosakata yang sesuai dengan tahap perkembangan anak usia 5-6 tahun. Disimpulkan bahwa permainan dadu efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata baru, membantu anak mengenali huruf, melafalkan bunyi, serta menyusun kata dalam kalimat sederhana melalui aktivitas yang menyenangkan.

Downloads

Published

2025-10-30