Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Self efficacy Siswa
DOI:
https://doi.org/10.57096/blantika.v3i10.440Keywords:
Model Pembelajaran Generatif, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self EfficacyAbstract
Pembelajaran matematika di Indonesia saat ini menghadapi tantangan serius dalam mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hasil Programme for International Student Assessment (PISA) 2022 menunjukkan Indonesia berada di peringkat 65 dari 81 negara dengan skor matematika 366, jauh di bawah rata-rata OECD (472). Kondisi ini mencerminkan urgensi untuk menerapkan model pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa, terutama dalam konteks pendidikan menengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh penerapan model pembelajaran Generatif terhadap kemampuan pemahaman konsep ditinjau dari Self efficacy siswa MTS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen factorial design. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes, angket, dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis, angket self effiacy, dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Generatif dengan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional 2) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki curiosity yang tinggi, sedang dan rendah, 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan Self efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Generatif berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa ditinjau dari Self efficacy siswa MTS Darul Himkah Pekanbaru.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Alfikri, Annisah Kurniati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


