Analisis Hambatan Yang Dialami Guru Sekolah Dasar dalam Pembiasaan Literasi
DOI:
https://doi.org/10.57096/blantika.v2i1.66Keywords:
Hambatan Literasi, Pelaksanaan Literasi, Sekolah DasarAbstract
Pelaksanaan penelitian ini memiliki maksud untuk mengetahui hambatan yang ditemui oleh guru Sekolah Dasar pada pembiasaan literasi di sekolah. Penelitian ini dilatarbelakangi karena ditemui bahwa kemampuan literasi siswa di sekolah terutama Sekolah Dasar masih tergolong rendah. Rendahnya kepandaian literasi anak sekolah dasar terjadi karena adanya hambatan yang dialami oleh guru maupun siswa dalam penerapannya. Sehingga peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan mengetahui hambatan yang dialami oleh guru dalam pembiasaan literasi di tingkat Sekolah Dasar. Adapun penelitian ini tergolong ke dalam jenis deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini yang akan menjadi subjek yaitu guru Sekolah Dasar yang mengajar di Sekolah Dasar yang berada di Kabupaten Tanah Datar. Instrumen yang digunakan yaitu berupa pedoman hasil Google form yang telah disebarkan. Analisis data yang diolahuntuk penelitian ini adalah analisis data kuantitatif yaitu merangkum hasil data dari Google form yang sudah dideskripsikan. Dari penelitian ini didapatkan bahwa terdapat bebrapa hambatan yang dialami guru dalam pelaksanaan literasi di sekolah dasar, yaitu berupa kurangnya fasilitas, kurangnya minat siswa serta kurangnya sokongan dari orang tua siswa.


