Analisis Hambatan Yang Dialami Guru Sekolah Dasar dalam Pembiasaan Literasi

Authors

  • Mai Sri Lena Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Hana Shilfia Iraqi Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Raudatul Adibah Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Fatma Arrahmi Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.57096/blantika.v2i1.66

Keywords:

Hambatan Literasi, Pelaksanaan Literasi, Sekolah Dasar

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini memiliki maksud untuk mengetahui hambatan yang ditemui oleh guru Sekolah Dasar pada pembiasaan literasi di sekolah. Penelitian ini dilatarbelakangi karena ditemui bahwa kemampuan literasi siswa di sekolah terutama Sekolah Dasar masih tergolong rendah. Rendahnya kepandaian literasi anak sekolah dasar terjadi karena adanya hambatan yang dialami oleh guru maupun siswa dalam penerapannya. Sehingga peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan mengetahui hambatan yang dialami oleh guru dalam pembiasaan literasi di tingkat Sekolah Dasar.  Adapun  penelitian ini tergolong ke dalam jenis deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini yang akan menjadi subjek yaitu guru Sekolah Dasar yang mengajar di Sekolah Dasar yang berada di Kabupaten Tanah Datar. Instrumen yang digunakan yaitu berupa pedoman hasil Google form yang telah disebarkan. Analisis data yang diolahuntuk  penelitian ini adalah analisis data kuantitatif yaitu merangkum hasil data dari Google form yang sudah dideskripsikan. Dari penelitian ini didapatkan bahwa terdapat bebrapa hambatan yang dialami guru dalam pelaksanaan literasi di sekolah dasar, yaitu berupa kurangnya fasilitas, kurangnya minat siswa serta kurangnya sokongan dari orang tua siswa.

Downloads

Published

2023-11-25