Hubungan Antara Efikasi Diri dan Stress Akademik pada Mahasiswa yang Sedang Menyelesaikan Skripsi dengan Dukungan Sosial Sebagai Variabel Moderator

Authors

  • Devina Novaliany Universitas Airlangga
  • Ilham Nur Alfian Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.57096/blantika.v2i2.92

Keywords:

Stress Akademik, Efikasi Diri, Dukungan Sosial, Skripsi, Mahasiswa

Abstract

Adanya skripsi sebagai persyaratan dalam memperoleh gelar Sarjana atau S1 membuat sebagian mahasiswa mengalami stress akademik. Faktor-faktor stress akademik bermacam-macam seperti efikasi diri dan dukungan sosial. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan stress akademik pada mahasiswa dan mengetahui hubungan dukungan sosial terhadap hubungan efikasi diri dengan stress akademik pada mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis moderated regression analysis dengan metode bootstrap. Sebanyak 148 partisipan yaitu mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi menjawab skala New General Self-Efficacy Scale, Multidimensional Scale of  Perceived  Social  Support, dan The  Student-Life  Stress  Inventory. Hasil penelitian menunjukkan terdapat korelasi negatif yang signifikan efikasi diri dengan stress akademik. Sedangkan, hasil moderasi dukungan sosial dengan efikasi diri dengan stress akademik tidak signifikan.

Downloads

Published

2023-12-25