Implementasi Corporate Social Responsibility (Csr) PT. Lintasarta dalam Pemberdayaan Masyarakat di Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT)

Authors

  • Berlinda Sidik Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Paramadina
  • Nabilah Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Paramadina

DOI:

https://doi.org/10.57096/blantika.v2i3.99

Keywords:

Implementasi, Tanggung Jawab Sosial, Pemberdayaan Masyarakat.

Abstract

PT Lintasarta memiliki tujuan untuk mendukung program pemerintah serta melakukan pengembangan kepada masyarakat di wilayah 3T melalui program CSR Digital Lintasarta Scholarsip. Tentunya pada pelaksanaan program tersebut, perusahaan melalui beberapa tahapan seperti perencanaan, implementasi, evaluasi dan pelaporan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tujuan dilakukan penelitian ini guna mengetahui bagaimana proses implementasi program CSR yang telah dilakukan Lintasarta. penelitian ini menggunakan jenis pendekatan studi kasus tunggal dengan metode kualitatif, Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan teknik wawancara yang dilakukan langsung kepada bagian corporate communication Lintasarta, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan program CSR yang dijalankan oleh Lintasarta memberikan dampak positif bagi para penerima beasiswa berupa tambahan pengetahuan yang tidak bisa didapatkan di sekolah sehingga kedepannya para penerima beasiswa bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih layak di masa yang akan datang. Namun, pada pelaksanaan ini Lintasarta juga mengalami hambatan diantaranya keterbatasan waktu dan gangguan jaringan dalam proses pemberian beasiswa yang mana sering bentrok dengan jadwal belajar regular sehingga secara tidak langsung berpengaruh pada tingkat partisipasi peserta dalam mengikuti pembelajaran.

Downloads

Published

2024-01-15